BAB 1. Perkenalan Komputer

 

Definisi Komputer

 


Kata komputer berasal dari bahasa Yunani yakni Computare artinya adalah menghitung. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, fungsi komputer dari tahun ke tahun selalu berkembang, tidak hanya sebagai alat untuk menghitung saja. Komputer sudah menjadi perlengkapan dan kebutuhan hidup karena kemajuan teknologi yang sangat pesat perkembangannya.


Menurut Sanders, komputer adalah suatu elektronik yang dapat dipergunakan untuk melakukan manipulasi data dengan cepat dan tepat, komputer dibuat agar secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data yang di input, memprosesnya, dan kemudian menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah disimpan dalam memori.


Menurut Davis, ia mengartikan bahwa komputer adalah sebuah tips khusus untuk alat menghitung yang memiliki sifat yang sesuai. Komputer dapat menginput, lalu memproses inputan, dan menyimpan data.


Pada setiap perkembangan komputer, dapat dilihat dari bentuk, kegunaan, tampilan dan prosedur-prosedur yang dapat dilakukan. Jika pada komputer generasi pertama menjadi penemuan awal dari sebuah tabung yang hampa udara sebagai alat penguat jaringan atau sinyal, lalu pada generasi berikutnya mulai ditemukannya suatu transistor yang dapat digunakan sebagai alat menstabilkan tegangan listrik, kemudia pada komputer generasi ke-tiga mulai dikembangkannya teknologi IC Chip yang berevolusi sebagai Microprocessor yang masih digunakan hingga saat ini

 

Generasi pertama komputer (1941 - 1952)

Pada awal masa dimana komputer ditemukan, tujuan utama dari komputer adalah untuk membantu proses perhitungan, kemudian komputer mulai dengan program dan diterapkan pada beberapa tujuan, salah satunya untuk perhitungan matematis untuk tujuan perang.

 

Generasi kedua komputer (1952-1956-1958)

Pada komputer generasi kedua, bentuk dari komputer sudah memiliki bentuk agak lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Ciri khas komputer generasi kedua adalah ditemukannya Transistor (transfer resistor). Transistor memiliki tiga lapis bahan baku yang terdiri dari basic, collector dan emmiter. Transistor mempunyai arti suatu alat yang mampu menguatkan, alat yang bisa dijadikan sebagai penyambung serta pemutus arus, alat yang dapat menstabilkan tegangan dan sebagai alat merubah sinyal. Komputer yang sudah menggunakan teknologi ini adalah jenis dari Super Komputer. Pada komputer generasi kedua energi yang digunakan relatif hemat, bisa lebih diandalkan, dan kecepatannya relatif lebih cepat dilihat dari performa dan proses komputasinya


Generasi Ketiga Komputer (1958  1970)

Pada komputer generasi ketiga ini, secuil silicium adalah salah satu penemuan pada masa ini yang memiliki bentuk ukuran hanya beberapa milimeter, yang lebih dikenal sebagai IC-Chip . IC-Chip mulai digunakan dari komputer di generasi ketiga. IC di dalam sejarah komputer memiliki peranan sangat besar. IC dapat meminimalkan panas yang dihasilkan oleh komputer, mampu mengintegrasikan komponen ke dalam satu chip, yang membuat ukuran sebuah komputer semakin kecil dan cenderung tidak cepat panas. Pada komputer generasi ketiga ini sistem komputer yang digunakan mulai mampu untuk menjalankan beberapa tugas sekaligus atau multi tasking.


Generasi Keempat Komputer yaitu pada tahun (1970  1980)

Microprocessor adalah awal mulanya kelahiran komputer personal. 32537401821314 Apple I Komputer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs merupakan contoh dari komputer generasi keempat yang memasukan sebuah microprocessor ke dalam circuit board komputer. Pada generasi ini komputer mulai mudah digunakan, antara lain dengan adanya tampilan GUI , pemakaian mouse, dan lain-lain.


Generasi Kelima-Sekarang (1980  saat ini)

Munculnya semiconductor dan microprocessor juga merupakan ciri khas pada generasi ini. Contoh pada Intel Corporation yaitu Pentium 4 dimana penemuan ini diharapkan bisa menutupi kekurangan yang terdapat pada produk sebelumnya. Selain itu, pada komputer Pentium 4 kecepatan serta kehandalan semakin bertambah, seperti kecepatan memproses mengirim atau menerima input lebih cepat, dan tampilan pada suatu gambar terlihat lebih tajam serta halus.

Mengenal Dunia Komputer. Permainan Dalam Perhitungan Perkalian Berbasis Online Menggunakan Flash. Komputer Dari Nol Hingga Mahir. Buku Pintar Menguasai Komputer Dan Laptop.

 


Generasi keenam komputer ( masa depan )

Perkembangan komputer pada era generasi ini disebut sebagai komputer masa depan. Para penggiat teknologi atau para peneliti banyak memiliki ide hingga memiliki impian-impian begitu pula dengan para pengguna yang ingin melihat atau membuat komputer lebih canggih untuk masa depan guna dapat membantu manusia dalam mengerjakan aktifitas serta kegiatan sehari-hari. Contohnya seperti penggunaan robot yang dapat berperan serta dalam kegiatan manusia.

Hal yang didukung oleh komputer masa depan adalah komputer dengan kemampuan untuk yang dapat meminimalisir proses menggunakan baris program atau dikenal dengan programless. Ciri-ciri komputer generasi keenam secara umum yaitu memiliki bentuk yang lebih beragam, tingkat kecerdasaannya menyerupai manusia, lebih canggih, dan mampu melakukan proses prediksi yang akan terjadi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 14. Etika Penggunaan Komputer

BAB 13. Etika dan Profesionalisme